Thursday, February 26, 2009

HR 101

HR is simply about JOB and PEOPLE!
Ya, sederhana kan….

Membangun sistem HR di perusahaan atau organisasi adalah seperti membangun rumah dengan fondasi yang kuat pada aspek pekerjaan (JOB) dan orang (PEOPLE). Keindahan interior dan eksterior rumah itu akan tergantung pada bagaimana mengintegrasikan dua aspek tadi (JOB dan PEOPLE) dalam berbagai sistem HR, mulai dari rekruitmen dan seleksi, pelatihan, manajemen kinerja, remunerasi, manajemen karir, dan lain-lain.

Sistem HR yang terintegrasi dengan baik tersebut akan menjamin sirkulasi udara yang baik di dalam rumah, sehingga melalui orang yang semakin kompeten dan berkinerja tinggi, tujuan strategik perusahaan akan dapat dicapai.

Oleh karena sistem HR ini terkait dengan pengelolaan orang yang hidup, maka implementasi sistem ini membutuhkan penanganan yang memperhatikan aspek perilaku dan budaya, tidak hanya aspek normatif hukum atau prosedural aturan. Untuk itulah dalam implementasi sistem HR perlu dibarengi dengan upaya manajemen perubahan (change management) yang tepat, sehingga perubahan perilaku yang diinginkan dicapai oleh sistem HR ini dapat terjadi, yaitu perilaku kinerja tinggi (high performance behavior).

So, praktisi HR sekalian, melalui i-Video ini saya akan memberikan tips-tips HR berkaitan dengan bagaimana membangun sistem HR yang terintegrasi dalam sebuah RUMAH HR untuk tujuan menghasilkan kinerja perusahaan yang tinggi, melalui orang.

HR is all about giving impact to performance improvement, through PEOPLE!

No comments:

Post a Comment